YAKEBA [Yayasan kesehatan Bali]

Kali ini dengan usia berbeda, dan kisah-kisah yang berbeda pula
dari sini langkah pertama di Bali dimulai,
perjalanan penuh makna dan pelajaran tentang berjuang untuk hidup ❣


YAKEBA (Yayasan Kesehatan Bali)
Jl. Ciung Wanara IVB No.2, Renon, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234

Terletak di kota Denpasar bali, menjadi salah satu yayasan kesehatan di bali yang memiliki visi dan misi yang mulia, bagi mereka yang mengalami kecanduan narkoba dan yang menderita HIV/AIDS (ODHA).


Awal berdirinya Yayasan Kesehatan Bali ( YAKEBA ), didirikan oleh seorang WNA asal Australia yakni Bob Monkhouse. Dimana sebelumnya beliau juga seorang pecandu, ketika beliau menjalani rehabilitas dan masa penyembuhan, beliau melihat begitu banyak pecandu dan terdorong hatinya untuk “menularkan” kesadaran akan bahaya narkoba. Dengan bantuan serta support dari teman-teman beliau mendirikan sebuah yayasan yang awalnya konsentrasi terhadap pecandu narkoba, namun seiring perjalanannya serta dengan dukungan oleh pemerintah terkait berkembang hingga saat ini sebagai pusat informasi, arahan tentang pencegahan, perawatan, dan dukungan dari HIV-AIDS dan penyalahgunaan narkoba.

Ide awal pembentukan organisasi ini adalah untuk membantu orang yang menderita kecanduan di Bali, baik kecanduan narkoba dan alkohol. Dengan menyediakan tempat bagi mereka untuk berjalan dan belajar tentang “Pemulihan” atau mengundurkan diri dari kecanduannya. Sepanjang jalan, masalah yang dihadapi oleh para pecandu yang semakin kompleks. Salah satunya adalah penyebaran HIV, bahkan sekarang HIV menyebar tidak hanya di kalangan pecandu tetapi sudah menyerang ke masyarakat umum. Dengan melihat masalah ini, Yakeba sekarang tidak hanya menjadi tempat untuk menjalankan pemulihan tapi lebih dari itu. Yakeba saat pusat informasi, arahan tentang pencegahan, perawatan, dan dukungan dari HIV-AIDS dan penyalahgunaan narkoba. 
Ada beberapa program yang ditawarkan yakeba :
·         Program Pencegahan dan Pendampingan HIV melalui Transmisi Seksual
·         Program Pencegahan dan pendampingan HIV dikalangan Pengguna Narkotika dan Dukungan terhadap Lapas dan Rutan
·         Pemulihan Adiksi berbasis masyarakat dan rehabilitas
·         Program Pengembangan Vokasional (potensi) bagi pengguna narkotika


  
Berbagi kisah dengan beberapa orang yang menjadi anggota dalam yakeba tersebut, membuat mereka banyak menceritakan tentang kisah dan kehidupan mereka tentang bagaimana yakeba membawa perubahan dalam kehidupan mereka. Perbedaan usia, baik yang telah berkeluarga maupun yang masih berkuliah dan merantau, mengaku awal mula mengenal narkoba adan zat adiktif lainnya karena ingin coba-coba. Namun bukan hal yang baik yang didapat tapi malah kecanduan, hal itu menjadi beban bagi mereka dan mereka memutuskan untuk menghentikan keebiasaan tersebut.
Tak banyak waktu kami habiskan dengan berbagi kisah dengan mereka, namun dari situlah banyak pelajaran yang kami bisa dapatkan, bahwa setiap hal dapat kembali menjadi baik tergantung dengan bagaimana manusia tersebut berjuang untuk mendapatkan dirinya kembali dengan baik.




Orang-orang sekitar berpengaruh sangat penting juga
KELUARGA
TEMAN
SAHABAT
LINGKUNGAN
Menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh besar terhadap setiap manusia, untuk menjadi bagian dari kehidupan setiap orang, bukan hanya menjadi bagian karena status tapi menjadi bagian dari perjalanan seseorang berubah menjadi manusia lebih baik, agar kesendirian dan rendah diri tak berkunjung jika seseorang memiliki dan mendapatkan kenyamanan dalam kehidupannya.

♥♥
Denpasar, Bali 13 Juni 2017

Komentar

  1. apa gejala internal dan eksternal yang sering di alami yakeba dan bagaimana cara yakeba mengatasi gejala interal dan eksternal tersebut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer