BATU, MALANG

photo by me
ALUN-ALUN KOTA BATU

Entah ini kali keberapa menuju tempat yang sebelumnnya belum pernah kukunjungi, Malang merupakan salah satu yang ada dalam daftar kunjunganku untuk tahun ini. Dan finally i did it ^^

photo by explore jogja

Menuju malang saya mulai melalui Jogja menggunakan kereta dari Stasiun Tugu Jogja dengan kereta Malabar pada minggu menjelang senin (22/8/17) jam 00:05 WIB. Dan kereta tiba sesuai dengan waktu tiba dan keberangkatan. Saya dan teman, saat itu memilih kereta ekonomi, dimana dua-dua orang duduk berhadapan. Cukup terbilang mahal untuk kelas ekonomi 190K, dan melelahkan jika kamu belum terbiasa (begitupun denganku).

photo by explore malang

Saat hendak tiba di malang, kita akan disuguhi dengan pemandangan sawah yang luas dan hijau, sungguh itu indah. Mendekati malang, dari jendela kita akan melihat dengan jelas kampung warna yang terkenal di malang (JODIPA).
Tiba di Malang, di Stasiun paling terakhir (Malang Kota Lama) pukul 07:05 WIB
masih terlalu pagi dan terlalu lelah sebenarnya, namun jangan siasiakan waktu untuk menjelajahi tempat baru, waktu itu berharga.
Dari stasiun, dengan jalan kaki kita bisa mendaptkan pemandangan bundaran malang, atau bundaran Balai kota malang. Namun karena tujuan kami adalah ke BATU, maka tanpa membuang waktu lama kami memulai langkah dengan naik angkot AL menuju ludongsari (terminal akhir malang),

TIPS :
·         Carilah angkot yang memang sudah benar penuh, karena waktu ngetem supir angkot sungguh lama
·         Untuk menuju terminal di malang, semua angkot menggunakan inisial, SEMUA ANGKOT dengan inisial L, atau ada L-nya bearti itu menuju terminal (exp : ADL, AL)
·         Biaya perorangan adalah Rp. 4000, namun biasanya beberapa yang jahil atau melihat orang baru mereka biasanya meminta hingga Rp 6000, oleh karena itu pastikan harga sebelum ikut angkot tersebut.

Perjalanan menuju terminal kita akan menemui beberapa kampus-kampus besar seperti Brawijaya dan lainnya. Waktu untuk mencapai terminal bisa mencapai 30 menitan apabila supir tidak ngetem kelamaan di jalan. Setiba di terminal kita akan menemui beberapa supir angkot memanggil tujuan angkotnya “batu” dan angkot menuju batu berwarna pink atau kuning juga bisa, tergantung tujuan.

TIPS :
·         Lebih baik naik angkot yang berwarna kuning/hijau stabilo saja, biasanya tujuan langsung bisa berhenti di tengah kota batu
·         Angkot dengan tujuan jatim park 2
·         Angkot yang pink mengharuskan kita untuk berganti angkot lagi jika tiba di batu, karena mereka melewati jalur luar atau langsung menuju terminal kota batu.
·         Harga angkot menuju batu sama dengan angkot lainnya 4000/org

Waktu yang ditempuh untuk sampai di Batu kurang lebih 40 menitan, sehingga tidak terlalu jauh untuk kendaraan pribadi bolak balik malang dan batu dalam seharian, namun kami memilih untuk menginap di Batu jika memang tujuan wisata banyak yang akan dikunjungi di Batu, menghemat biaya dan tenaga juga agar tidak bolak balik. Perjalanan ini merupakan perjalanan pertama bagi kami, maka kami memilih untuk berhenti saja di pusat kota yang memang cukup dikenal, yaitu jatim park 2. Setiba di jatim park 2, kami mengecek google maps untuk memastikan lokasi kami tidak jauh dari tempat kami menginap 2 hari kedepan, ternyata lokasi tempat menginap kami tidak terlalu jauh dari jatim park sehingga kami memutuskan untuk jalan kaki, dan jalan kaki yang kami tempuh memerlukan waktu 15 menitan. Kami menginap di

sumber traveloka
“Sahabat backpaker 2 –
Jalan Sultan Agung No.6B Batu, Malang Jawa Timur, Indonesia 65314”

Setibanya di tempat kami menginap kira-kira pukul 10 pagi, kami makan bekal yang memang kami bawa dari jogja sebelumnya namun belum sempat kami makan, menikmati pemandangan dari lantai 2 balkon cukup memuaskan kelelahan yang kami tempuh. Sunggu cuaca di batu sangat mendukung untuk beristirahat, saya dan teman memutuskan untuk beristirahat sejenak karena kecapean tidak memiliki kualitas tidur yang baik karena pertama kali naik kereta kelas ekonomi. Dan bayangkan terbangun pada jam 2 siang namun dengan udara yang sejuk dingin yang membuat ingin tetap berselimut, namun jangan siakan waktu berliburmu. Kami memutuskan untuk memulai perjalanan sore, skitar jam 3 dengan menuju taman bunga “Selecta” .
Perjalanan kami menuju selecta dari tempat menginap kami sebenarnya bisa menggunakan angkutan umum (warna orange), hanya menunggu angkot yang kelamaan, saya dan teman memutuskan untuk memakai jasa gojek (Rp.15.000) kalau tidak salah ingat ya. Namun tips dari saya, lebih baik menggunakan angkot, karena angkot bisa menurunkan juga langsung di tempat wisata dan dengan harga yang jauh lebih murah -/+ Rp.4000-6000 tergantung dari mana naiknya. Sesampainya ditempat tujuan, disambut dengan harga tiket masuk Rp.30.000/orang, dan ternyata dari tempat pembelian tiket jarak cukup jauh hingga berada dipintu masuk tempat wisata tersebut, tapi kalau pengen olaraga juga boleh cukup mengencangkan betis hahahaha, next

Ada beberapa tips yang perlu teman-teman perhatikan jika ingin berkunjung di selecta, menurut saya yaaa, kalau versi yang lain ada monggo bisa dipertimbangkan :
·         Perhatikan waktu berkunjung, jangan terlalu sore karena cahaya yang berkurang dari alam hehe, dan juga angkot
·         Yups, angkot yang beroperasi tidak terlalu banyak, jadi diatas jam 5 sudah sangat sepi
·         Dan lebih baik gunakan jasa angkutan umum untuk menuju selecta/kendaraan pribadi, agar menjamin jika kalian ingin pulang lebih sore.
·         Oiya, jasa kendaraan online sudah ada, namun hanya sedikit, jika ingin lebih menikmati liburan, lebih baik berpetualanglah dengan lingkungan tersebut.

Yups, saya memberi tips agar kalian tidak jatuh dilubang yang sama seperti kami, setelah tiba dan memuat foto yang kami rasa cukup untuk IG hahaha, kami menyadari bahwa sudah jam 5 lebih, hal ini membuat kami harus berjalan keluar dari tempat wisata dengan jalan kaki 2x lebih jauh untuk meneukan angkot ataupun ojek, namun hingga tiba di beberapa perumahan, tetap tak nampak satu angkot pun, hingga bertanya pada masyarakat setempat untuk cara kembali ke kota.

Kenapa tidak pesan gojek/gocar lagi ????

Sinyal yang susah (tergantung kalian pakai operator apa)
Dan jasa online yang tidak tersedia didaerah tersebut, hal itu sudah diungkapkan leh gojek yang awalnya mengantar kami, bahwa kendaraan akan sulit untuk daerah ini sehingga memang jangan berkunjung jika terlalu sore ya guys. Dan setelah menempuh -/+ 30 menitan, akhirnya satu angkutan muncul sebagai penyelamat haha naiklah kami ke angkutan tersebut.
Perjalanan memang cukup jauh untuk kembali ke kota, tujuan kami alun-alun, sehingga bapak supir angkutpun turut bercerita dan bertanya, yang sangat kami syukuri adalah bapak supir memang berencana pulang rumah, dan ditengah jalan melihat kami, seketika ditolong, Terima kasih ya pak.
Saya dan teman diturunkan tepat dialun-alun, sebelum berpisah pun bapak supir tersebut, masih sempat-sempatnya memberikan arahan jalan pulang dari alun-alun, jika angkot sudah tak ada, ada jasa ojek.

Bagus banget tempat ini, seperti tempat dimana seluruh keluarga atau masyarakat batu bisa berkunjung dan menikmati moment malam bersama keluarga disini. Tak jauh dari situ banyak jejeran makanan yang tersedia jadi tak perlu khawatir tentang asupan makanan, namun berdasarkan rekomendasi teman tentang ketan legenda, dan ternyata ANTRIANNYA LUARRR BIASAAA ....
Tapi tak menyurutkan niat hati mencoba, kami pun mengantri

LUPA RASA YG DIPESAN :D

tampak depan, photo by me

Tapi cobalah tahu pedesnya, itu enak bangettt sampe 2 aku makan.
Dan ketannya, you should try, if you come to BATU
ENAK GA BOONG

Perjalanan kami berhenti disitu, saya dan teman memutuskan untuk kembali pulang, karena sempat berpikir ingin melanjutkan ke BNS (Batu Night Spektakuler), namun harga tiket dan tempat yang lumayan jauh kemudin waktu yang lebih tidak memungkinkan, kami memutuskan menghapus itu dari list. Hal lainnya juga, karna itu arena bermain, saya dan teman memang datang ke batu untuk melihat wisata alamnya, sehingga memang kembali ke tempat kami menginap dengan jasa gojek adalah hasil diskusi kami berdua, yang kami rasa tepat.

Hari berikutnya di post selanjutnya yaaaa